Bogor Kota Agribisnis


Karena Bogor dikaruniai tanah yang subur, sudah sepantasnya Bogor menjadi basis produksi produk-produk kehutanan, perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan. Tak terlalu menjadi masalah bila warga Bogor mengimpor produk elektronik semacam ponsel QWERTY murah meriah dari Cina. Tetapi, jangan sampai kita sebagai negara agraris justru mengimpor produk-produk pertanian dari negara lain. Warga Bogor harus mengoptimalkan keunggulan lokasinya (comparative advantage) sebagai daerah agroindustri, baik skala rumahan maupun skala massal. Sektor pertanian harus dikelola dari hulu sampai hilir oleh warga Bogor.
Bogor pun sangat strategis dijadikan sebagai pusat wisata kuliner. Selama ini memang yang sudah terkenal sebagai daerah wisata kuliner adalah Bandung. Namun, Bogor yang lebih dekat ke Jakarta sebenarnya lebih berpotensi daripada Bandung untuk dijadikan zona wisata kuliner, karena pasar utama wisata kuliner adalah orang-orang kantoran di Jakarta yang ingin melepas penat sejenak setelah kesibukan rutinnya selama seminggu di kantor.
Kalau warga Bogor gesit memanfaatkan kesempatan emas ini, maka tak lama lagi sektor bisnis kuliner akan menyamai Bandung yang telah lama berkembang. Bandung dan Bogor serta kota-kota “adem” di antara keduanya, akan menyatu menjadi zona wisata kuliner. Kereta Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung yang akan diresmikan pada bulan November 2010 akan semakin memperjelas keterpaduan antar daerah-daerah “adem” tersebut.
Pelaku wirausaha kuliner tak perlu cemas dengan kejadian-kejadian sesaat seperti kerusuhan/pengrusakan sebuah vila di Cisarua, Bogor beberapa hari lalu, karena itu hanyalah sesaat sifatnya. Secara umum, iklim usaha di Bogor sangat kondusif, terutama untuk usaha agribisnis dan usaha hilir pendukungnya.
Usaha kuliner apapun akan prospektif asalkan memiliki tim yang handal yang dapat mengelolanya secara profesional. Pelaku usaha kuliner dapat langsung mempromosikan menunya ke konsumen atau bekerjasama dengan perusahaan untuk menyediakan katering (catering) karyawan. Atau bisa juga menawarkannya kepada panitia resepsi pernikahan. Telur puyuh dapat dimasukkan ke dalam menu sajian/hidangan resepsi pernikahan walimah keluarga. Karena bentuknya yang mungil, tentu akan memberi kesan tersendiri bila pada resepsi pernikahan disajikan menu telur puyuh sebagai salah satu lauknya. Anak-anak pasti akan senang.
Apapun minumnya, telur puyuh makannya !